Rabu, 06 Desember 2017

Mencegah, Mengobati, dan Meneliti HIV/AIDS



(Catatan 7, Memeringati HAS 1 Desember 2017)

As salamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua. Dalam rangka memeringati Hari HIV/AIDS Sedunia (HAS) 2017, saya ingin menyampaikan beberapa pesan-pesan sederhana saja. HAS kita peringati sebagai momentum untuk memikirkan bagaimana sebaiknya kita memperlakukan atau menghadapi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pada dasarnya kita sebaiknya mempersiapkan diri untuk mencari ahlinya. Dalam hal ini ahli dalam penyakit ODHA. HIV/AIDS merupakan suatu penyakit yang sampai saat ini sudah beberapa hak beberapa ahli menemukan beberapa obat yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengobatinya.

Jadi ada tiga hal. Pertama ada yang mencoba mencegah HIV/AIDS. Kedua mengobati HIV/AIDS. Dan, ketiga ada yang melakukan penelitian. Penelitian dalam hal pengobatan yang secara berkesinambungan dapat diandalkan dan diharapkan bisa mengobati ODHA.

Pencegahan juga perlu. Yaitu dengan cara kita memberikan informasi seluas-luasnya kepada siapa saja, umum, atau masyarakat mengenai hal apa saja yang memungkinkan kita tidak tertular dan terhindar dari penyakit HIV/AIDS.

Berbagai metode pencegahan itulah yang perlu kita pikirkan. Baik dari berbagai temuan para ahli atau dari sumber penyakit HIV/AIDS mulai bisa menular. Oleh karena itu, saya menghimbau, marilah kita cegah dan obati bersama.

Kita juga teruskan berbagai penelitian supaya bisa menemukan obat yang betul-betul dapat diharapkan bisa mengobati secara tuntas ODHA. Dari saya sekian. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua.

Was salamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

(Editor: Mohamad Istihori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar