(Catatan Ke-1 Pelatihan Asesmen Konselor Madani bersama UGin di Studio
Madani, Selasa, 9 Mei 2017)
rehabilitasipecandunarkoba.blogspot.co.id
– Yayasan Madani Mental Health Care (MMHC) mengadakan sebuah pelatihan mengenai
asesmen bagi para konselornya. Acara yang diadakan pada Selasa, 9 Mei 2017 di
Studio Madani tersebut bertujuan untuk menambah kualitas pelayanan terhadap
para klien Madani.
Ust. Ginanjar Maulana atau yang akrab disapa UGin menjadi pembicara utama pada malam ini. Acara dimulai pukul 19.30 – 21.30 WIB.
Proses
asesmen apalagi bagi klien yang menjalani program rawat jalan bukan merupakan
sebuah pekerjaan yang mudah. Asesmen merupakan sebuah proses pengumpulan data atau
informasi yang kemudian diolah untuk menetukan terapi yang tepat bagi klien.
Tujuan asesmen
adalah :
1. Menginisiasi hubungan terapeutik (proses terapi)
Menginisiasi
adalah memulai. Jadi, ketika kita asesmen bangunlah hubungan yang baik dengan
klien. Perkenalkan diri kita kepada klien. Memperkenalkan nama, asal lembaga,
tujuan, dan pengertian asesmen kepada klien.
2. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang besar dan dalamnya
masalah yang dihadapi klien
Tugas utama
konselor adalah mendorong agar klien mengetahui masalah yang sedang ia hadapi.
Seberapa besar masalah dan bagaimana mengatasi masalahnya. Bukan menasihatinya.
Misalnya
kita tanya klien, “Boleh diceritain nggak kapan Anda mulai memakai narkoba?”
“Menurut Anda seberapa besar masalah yang sedang Anda hadapi?” Kita beri skala tentang
besarnya masalah misalnya 1-4.
Kalau dia
pilih 2. Kita tidak langsung nulis 2. Tanya lagi, “Kenapa milih 2. Kok nggak
milih 3 atau 4?” Dari situ kita dapat ambil kesimpulan kenapa dia pilih 2, 3,
atau 4, kalau konselor menyimpulkan berapa besar sebenarnya masalah yang sedang
dihadapi klien.
(Mohamad
Istihori, Jum`at, 12 Mei 2017)
Catatan Selengkapnya :
Catatan 2 dari 7 : Tiga Simulasi untuk Para Peserta Pelatihan Asesmen Madani
Catatan 3 dari 7 : Jadilah Asesor yang TEN (Tulus, Empati, dan Netral)
Catatan 4 dari 7 : Delapan Prinsip Dasar Asesmen
Catatan 5 dari 7 : Teknik Mendengarkan Aktif
Catatan 6 dari 7 : Dua Tanya
Catatan 7 dari 7 : Faktor Komunikasi Non Verbal dalam Asesmen
Catatan Selengkapnya :
Catatan 2 dari 7 : Tiga Simulasi untuk Para Peserta Pelatihan Asesmen Madani
Catatan 3 dari 7 : Jadilah Asesor yang TEN (Tulus, Empati, dan Netral)
Catatan 4 dari 7 : Delapan Prinsip Dasar Asesmen
Catatan 5 dari 7 : Teknik Mendengarkan Aktif
Catatan 6 dari 7 : Dua Tanya
Catatan 7 dari 7 : Faktor Komunikasi Non Verbal dalam Asesmen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar