Selasa, 09 Mei 2017

Sesering Kita Mengikuti FSKM, Secepat Itulah Proses Pemulihan Kita



(Catatan Forum Silaturahmi Keluarga Madani 3 Bagian Ke-13  Bersama Bunda Meilani Hermanto di Studio Madani, Kamis, 4 Mei 2017)

rehabilitasipecandunarkoba.blogspot.co.id – Bunda Meilani, “Untuk membantu pemulihan korban pecandu narkoba, kita harus berdamai dengan diri kita sendiri. Kalau kita sudah mencapai jiwa yang damai mau apa-apa juga enak dan nikmat.


Saat kita pergi ke luar kota dengan pasangan kita, belum tentu kita ngobrol sepanjang perjalanan. Itu damai atau juga bisa lagi ada masalah. Kalau itu damai, maka nggak terasa kita tahu-tahu sudah sampai di tempat tujuan.


Inilah semua yang kita bangun bersama. Saya juga berharap Madani dapat memfasilitasi bukan hanya menghadirkan orang tua yang anaknya direhab di Madani tapi juga orang tua-orang tua yang anaknya direhab di tempat lain.

Dapat pula dibuat beberapa satelit grup dukungan keluarga ini di daerah sekitar tempat kita tinggal sehingga kita tidak perlu lagi direpotin oleh permasalahan jarak yang jauh dari rumah kita ke Madani.

Dia silakan menjaga pemulihannya sendiri dan kita juga menjaga recovery sendiri. Semua berjalan masing-masing untuk tujuan yang sama yaitu pulih dari candu narkoba.

Kita kuatkan dan isi oksigen dalam diri kita. Kalau kita sudah memiliki kemampuan mengatur nafas dan mengendalikan diri yang matang baru kemudian kita dapat berpikir untuk membantu pemulihan anak dengan oksigen di otak yang penuh sehingga dapat terus berpikir jernih.

Berapa lama? Semua butuh proses tentunya. Sesering kita mengikuti pelatihan dan materi di grup dukungan keluarga ini maka secepat itulah kita berproses menuju pemulihan. Saya sudah 20 tahun ikut forum seperti ini.

Saya sudah tidak lagi membicarakan masalah anak. Yang kita bicarakan semua adalah tentang diri kita hari ini, kabar kita hari ini, perasaan kita hari ini, dan lain sebagianya yang membuat kita lebih kuat dan tangguh menghadapi segala macam masalah.

Jangankan narkoba, macet setiap hari saja sudah membuat kita stres. Lagi ikut forum kayak gini tiba-tiba ditelepon mertua, tetangga, teman kerja, bos kita, atau guru anak kita di sekolah, stres lagi dan lagi.“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar